Skip to content
Home ยป Tips Menata Dapur Kecil Supaya Rapi

Tips Menata Dapur Kecil Supaya Rapi

Tips menata dapur kecil supaya rapi.

Dapur merupakan suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan sebagai tempat mengolah makanan, oleh karena itu dapur harus higinies. Pada bagian dapur yang perlu diawasi adalah tempat tempat dimana makanan itu diolah. Oleh karena itu, dapur tidak boleh diabaikan kerapian dan kebersihannya. Ada pepatah kerajinan seseorang dapat dilihat dari bagaimana keadaan dapur setiap hari, jangan sampai dapur dinilai jorok oleh orang lain.

tips menata dapur kecil

Dapur nggak harus luas namun dapur kecil juga lebih multifungsi jika penataan dapur rapid an tersusun. Memiliki dapur kecil tapi rapi bukan suatu hal yang mustahil untuk diwujudkan. Hal ini perlu dilakukan penataan dapur yang fleksibel agar tetap terlihat lebih rapi tampak lega dan nyaman. Adanya dapur yang kecil akan membuat suasana keluarga yang harmonis dan memungkinkan akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga sehingga suasana bisa semakin hangat.

 

Tips Menata Dapur Kecil

Lantas, bagaimana menciptakan dapur kecil supaya rapi dan nyaman? Berikut ini tips ide desain interior rumah untuk penataan dapur kecil agar multifungsi dan tentunya nyaman digunakan, sehingga ruang dapur terlihat lebih lega :

 

Perhatikan penataan lemari

Ruangan sempit lebih mudah terlihat berantakan, untuk mencegahnya pastikan menata perabotannya dengan rapi an terorganisasi. Lemari sangat dibutuhkan untuk tempat penyimpanan berbagai perabot rumah tangga. Namun keberadaan lemari di dapur yang kecil juga akan mengganggu kenyamanan memasak, hal ini pastikan lemari tidak terlalu besar ketika ada didalam dapur. Selain lemari, untuk gelas, wajan, panci dan perabotan lainnya yang memakan ruang dilemari sebaiknya di tata dengan cara gantung pada sudut strategis. Kita bisa menyiapkan gantungan kayu, misalnya, untuk menggantung gelas gelas. Tak hanya membuat lemari penyimpanan lebih lega, gantungan kayu tersebut juga bisa menambah kesan statement pada ruang dapur kita.

 

Penyimpanan bumbu

Kebanyakan orang tidak memperhatikan penyimpanan bumbu, mereka hanya mencampurkan bumbu satu dengan lainnya secara bersama sehingga terkesan sembarangan dalam menyimpannya. Misalnya, sebagian bumbu di taruh dalam wadah sedangkan bumbu lainnya dibiarkan ada dalam plastic kemasannya sehingga membuat ruangan terkesan berantakan.

Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting sekali memperhatikan penyimpanan bumbu masakan tersusun secara rapi. Cara ini juga mebuat kita lebih mudah menyadari jika ada bumbu yang sudah habis. Pastikan juga memilih wadah bumbu yang cantik agar tampak lebih indah bukan?

 

Perhatikan ruang

Dapur yang kecil memiliki ruang yang sangat terbatas. Namun, dari keterbatasan tersebut kita bisa memanfaatkan secara maksimal ruang yang ada, misalnya membuat lemari penyimpanan yang memanjang ke atas. Dari atas bisa digunakan untuk tempat perabotan lainnya. Jika menaruh rak tidak memungkinkan, ide lemari memanjang diatas sangat berguna. Cara lainnya adalah menambah rak untuk mengisi ruang antara lemari dan langit langit. Taruh alat masak yang jarang digunakan ditempat ini.

 

Lakukan konsep L

Membangun lokasi disudut ruangan merupakan salah satu trik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan ruangan yang terbatas. Dengan membentuk komposisi meja panjang yang menyiku dengan memanfaatkan rak di bawah meja sebagai tempat penyimpanan peralatan masak.

menata dapur kecil bentuk L

 

Manfaatkan sisi pintu

Manfaatkan sisi belakang pintu sebagai rak bumbu yang sebaguna. Dengan cara ini sehingga dapat memaksimalkan meja dapur untuk keperluan memasak saja.

Demikian tips menata dapur yang kecil agar aman, nyaman, dan indah digunakan. Jangan lupa setiap menggunakan alat masak selalu dirapikan ya teman teman, agar dapur tetap bersih dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.