Skip to content
Home ยป Tips Memilih Kloset Kamar Mandi

Tips Memilih Kloset Kamar Mandi

Tips memilih kloset yang tepat untuk kamar mandi.

Kloset dapat dibedakan menjadi dua jenis yaiu kloset duduk dan kloset jongkok. Kloset duduk merupakan merangkat saniter utama sebelum anda membangun kamar mandi pada hunian. Karena itu, keberadaannya harus betul betul mendapat perhatian sehingga memilih kloset duduk pun tidak bisa sembarangan.

Secara umum ada tiga bentuk kloset duduk yang wajib anda ketahui yaitu monoblok, duo blok, dan wall hung. Jenis monoblok merupakan jenis standar yang paling digunakan, jenis kloset dengan tangki air menyatu pada badan toilet sehingga praktis digunakan. Desain duo blok merupakan jenis kloset yang memiliki tangki dan badan kloset terpisah. Biasanya digunakan pada kamar mandi yang memiliki ruang terbatas sehingga lebih mudah dalam penataan. Sementara kloset hung merupakan inovasi desain terbatu dengan tangki tertanam pada dinding dan bagian kloset seperti menggantung di bagian dinding.

Kloset jongkok pastinya sudah umum digunakan kan? Kloset jongkok digunakan dengan cara jongkok. Namun jenis ini memiliki manfaat banyak bagi kesehatan, salah satunya sulit tertular kuman dan bakteri, melatih otot untuk menahan berat badan, dan melatih kekuatan otot kaki.

Nah, bagaimana memilih kloset kamar mandi yang cocok baik kloset jongkok maupu duduk?

 

Tips Memilih Kloset Kamar Mandi

Perhatikan corak dan warna kloset

Hal paling utama ketika akan memilih kloset untuk kamar mandi agar terlihat elegan baik kloset jongkok maupu kloset duduk. Jika desain yang dimunculkan memang benar benar sudah sesuai anda bisa langsung membelinya. Namun, jangan hanya asal membeli, pehatikan aspek warna atau corak lantai desain kamar mandi anda serta dinding yang perlu anda perhatikan agar sebih sesuai.

Bayangkan saja, kloset warna biru tapi lantai warna kuning. Hal ini tidak sepadan maka kenyamanan mata anda ketika berada dalam ruangan akan terganggu. Buatlah sekreatif mungkin dengan sedikit aksen warna mencolok dibeberapa titik saja.

tips memilih kloset jongkok untuk kamar mandi

 

Pilih ukuran

Kloset jongkok tentunya memiliki ukuran yang sama, lain dari kloset duduk yang memiliki berbagai model kloset. Usahakan jangan menggunakan ukuran yang terlampau besar pada dimensi ruang toilet yang kecil.

Standar umum ukuran kloset duduk yang ada dipasaran adalah memiliki tinggi 40 cm dengan lebar total sekitas 70 cm sampai 73 cm. ukuran lebar kloset duduk ini tergantung dari merk kloset yang dipilih di pasaran.

 

Bentuk kloset

Untuk kloset jongkok standarisasi yang dimiliki tidak terlalu beragam karena proses pembersihan dilakukan secara manual dan tidak terdapat system mekanis. Dari sisi bentuk juga tidak beragam, hanya corak dan warna yang lebih dominan sedangkan kegunaannya masih sama.

Berbeda dengan kloset duduk, mengingat memiliki system mekanis dalam aturan yang membatasi dan sebagai syarat lulus uji produk sehingga terdapat banyak bentuk kloset duduk di pasaran. Contohnya jenis kloset monoblok, gantung, dan elongated.

memilih kloset duduk kamar mandi

 

Perhatikan System pembilasan air dan penghematannya

Pembilasan air kloset jongkok tidak berpengaruh karena pembilasan dilakukan dengan cara manual, sedangkan kloset duduk terdapat dua jenis system pembilasan air yang dimiliki dan kecenderungan untuk memilih mana yang terbaik. Dua jenis tersebut adalah system pusaran air atau system jatuh sekat yang lebih mengutamakan pembuangan kotoran dengan dorongan.

Penghematan air juga perlu anda perhatikan ketika akan memilih jenis kloset terutama kloset duduk. Usahakan untuk memilih yang memiliki system mekanis dan pembilasan yang mampu melakukan penghematan air.

Jangan lupa, disaat anda akan memilih kloset sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

 

Itulah tadi tips singkat cara memilih kloset kamar mandi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.