Skip to content
Home » Ide Desain Fasade Rumah dengan Bata Expose

Ide Desain Fasade Rumah dengan Bata Expose

Ide Desain Fasade Rumah dengan Bata Expose.

Fasade merupakan bagian terluar dari rumah yang menggambarkan konsep rumah itu sendiri. Pemilihan desain fasad sendiri harus benar-benar dipersiapkan secara matang. karena fasade memiliki peran sebagai wajah dari hunian Anda.

Batu bata sendiri adalah elemen yang dapat masuk ke dalam semua konsep rumah dari minimalis yang banyak digemari generasi muda sekarang hingga ke rustic yang banyak dipakai dalam konsep hunian di luar negeri.

Kesan yang didapat dari penggunaan bata untuk eksterior rumah adalah kokoh namun tetap classy dan elegan. Bata tidak hanya bisa digunakan sebagai dinding dalam suatu bangunan. Tetapi bata juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi pada fasade di sebuah hunian.

Bata expose sendiri memiliki arti bahwa batu bata memegang peran utama dalam suatu unsur bangunan, baik di roster, dinding rumah, sampai ke pagar rumah itu sendiri. Batu bata sendiri termasuk material yang kuat, tahan lama dan biayanya masih cukup terjangkau. Maka tidak heran jika batu bata merah masih menjadi pilihan untuk menambah unsur artistik dan dekoratif pada hunian.

 

Ide Desain Fasade Rumah dengan Bata Expose

Jika melihat dari fungsinya bisa dikatakan bahwa batu bata merupakan suatu elemen yang multifungsi. Dari dinding rumah hingga pagar rumah bisa dimasukan unsur batu bata ini sendiri. Tetapi Anda tidak bisa sembarangan meletakan batu bata, karena akan menimbulkan kesan seperti bangunan yang belum selesai.

Bata yang memiliki karakter kokoh dan kuat dapat Anda tempatkan pada fasade rumah Anda untuk memberikan nuansa vintage minimalis. Berikut beberapa ide desain fasade rumah dengan Bata Expose:

 

  1. Contoh desain1

Ide desain untuk fasade rumah dengan bata expose yang pertama ini mengambil konsep minimalis industrial. Batu bata yang dikombinasikan dengan elemen kayu pada fasade memberikan kesan vintage yang kuat. Kombinasi earth tone dari batu bata dan pintu kayu yang kontras dengan warna hijau pada taman memberikan kesan kuat vintage minimalis itu sendiri.

 

  1. Contoh desain2

ide desain rumah bata expose krawangan

Desain fasade dengan bata expose dengan konsep modern minimalis bisa Anda lihat pada contoh gambar diatas. Rumah 1 lantai ini memanfaatkan bata sebagai materi utama dari fasade. Batu bata sendiri dipasang dengan pola tertentu yang menyerupai lubang-lubang (krawangan) sebagai akses masuknya  sinar matahari dan jalur sirkulasi udara.

 

  1. Ide desain3

Fasade dengan bata expose tidak hanya diaplikasikan pada hunian mewah. Tetapi dengan merencanakan dengan baik, fasade yang mengangkat bata sebagai unsur utamanya, akan membuat hunian kecil menjadi lebih hidup. Pada gambar diatas, pengaplikasikan bata expose yang menjulang menambah unsur artisitik pada hunian dengan konsep modern minimalis ini. Jadi menggunakan bata dalam material utama di hunian kecil bukanlah hal yang mustahil.

 

  1. Ide desain4

rumah dengan bata expose minimalis modern

Konsep rumah yang digemari gen Z saat ini adalah konsep modern industrial. Atap rumah yang biasa didesain dengan bentuk normal mulai ditinggalkan. Konsep yang banyak diangkat saat ini adalah rumah tanpa atap genteng modern. Batu bata bisa dimanfaatkan pada roster untuk menambahkan keindahan sekaligus memanfaatkan secara maksimal fungsi roster itu sendiri.

Fasade dengan desain bata expose sendiri masih banyak digemari. Karena batu bata sendiri memiliki sifat multi character yang dapat masuk ke dalam berbagai konsep rumah. Dengan harga yang terjangkau dan pengaplikasian yang mudah membuat batu bata tidak pernah ditinggalkan.

 

Sekian artikel ini, ikuti ulasan menarik lannya seputar desain rumah minimalis di website desainrumaharsitek ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.