Skip to content
Home ยป Desain Jemuran di Halaman Rumah, Rapi dan Fungsional

Desain Jemuran di Halaman Rumah, Rapi dan Fungsional

Halaman ini akan menampilkan beragam desain jemuran di halaman rumah.

Desain Rumah Arsitek – Semua orang tentu membutuhkan pakaian. Hadirnya pakaian berguna untuk menutupi tubuh sehingga manusia tampil lebih pantas.

Selain itu, pakaian juga dapat menghangatkan tubuh ketika cuaca berangin atau dingin. Meskipun begitu, pakaian juga dapat kotor dan perlu dicuci.

Setelah pakaian selesai dicuci Anda perlu menggantungnya di halaman rumah dan membiarkannya kering di bawah sinar matahari dan terpaan angin bebas.

Lantas, bagaimana bentuk jemuran yang pas untuk halaman rumah? Berikut ini kami tampilkan desain jemuran di halaman rumah yang dapat Anda terapkan juga di rumah.

 

Desain Jemuran Seperti Payung Terbalik

Desain jemuran halaman rumah model payung terbalik

Anda tentu tidak asing dengan benda bernama payu. Benda dengan fungsi melindungi manusia dari guyuran hujan ini menjadi inspirasi salah satu desain jemuran pakaian namun dengan versi yang terbalik.

Ya, desain jemuran seperti payung terbalik ini bisa membuat Anda menjemur pakaian secara bertingkat. Anda cukup menggantungkan pakaian basah Anda dengan jepitan jemuran.

Gantung secara bertingkat sesuai keinginan Anda. Penyusunan pakaian tersebut dapat Anda atur berdasarkan pakaian mana yang ingin Anda berikan panas matahari secara lebih.

Desain jemuran semacam ini tentu sangat hemat tempat. Meskipun begitu, saat hujan Anda perlu cepat-cepat melepaskan jepitan satu per satu atau membiarkan pakaian kehujanan.

 

Desain Jemuran yang Simpel namun Efisien

Desain jemuran halaman rumah simpel

Berbeda dengan desain jemuran seperti payung terbalik, desain jemuran memanjang seperti ini tampaknya lebih simpel dan mudah digunakan.

Anda hanya perlu menggunakan hanger pakaian dan menggantungkannya di masing-masing besi horizontal. Desain jemuran ini cenderung memberikan terpaan angin dan paparan sinar matahari yang lebih merata.

Selain itu, desain jemuran ini sangat menguntungkan bagi seseorang yang memiliki postur tubuh tidak terlalu tinggi sehingga mudah untuk menggantungkan masing-masing pakaian.

Lebih dari itu, desain jemuran dengan bentuk memanjang ini bisa muat lebih banyak pakaian daripada desain jemuran sebelumnya.

 

Desain Jemuran Menempel di Dinding

Desain jemuran halaman rumah minimalis menempel dinding

Desain jemuran yang selanjutnya dapat Anda gunakan ketika Anda tidak ingin mengekpos pakaian Anda di depan umum.

Maka dari itu, Anda bisa menjemur di halaman belakang rumah Anda dengan model jemuran yang menempel pada dinding.

Anda bisa menggunakan kawat yang kuat dan cukup tebal agar dapat kuat menahan berat banyak pakaian dalam keadaan basah.

Karena seperti yang Anda ketahui, berat sebuah pakaian akan bertambah banyak saat basah. Maka dari itu, kawat perlu tebal dan kuat agar dapat menanggung beban pakaian yang baru selesai dicuci.

 

Desain Jemuran yang Hemat Tempat dan Kuat

Berbeda dengan desain jemuran sebelumnya, desain jemuran kali ini dapat Anda lipat arah ke dinding sehingga sangat menghemat tempat ketika tidak terpakai.

Selain itu, dengan bahan stainless steel yang tebal membuat desain gantungan jemuran ini kuat dan kokoh untuk menampung beban pakaian basah.

Model jemuran semacam ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki halaman belakang dengan ukuran yang minimalis dan tidak mau terlalu repot memindahkan jemuran.

 

Desain Jemuran Sederhana dengan Gaya Lokal

Bagi Anda yang tinggal di daerah kampung atau desa, tentu tidak asing dengan model jemuran semacam ini. Ya, model jemuran ini sangat umum kita lihat.

Anda dapat membuat desain jemuran serupa dengan memanfaatkan besi sebagai penyangga dan besi vertikal atau kawat tebal untuk tempat menggantungkan pakaian basah.

Meskipun desainnya yang sangat sederhana, namun Anda bisa menjemur banyak hal selain pakaian. Dengan bahan yang tebal dan kuat, bahkan Anda dapat menjemur kasur di atasnya.

 

Simpel namun Tampak Modern dan Stylish

Anda bisa berkreasi dengan membuat jemuran yang tampak modern dan stylish dengan bahan sederhana, yaitu pipa air atau paralon.

Pemilihan bentuk dan ukuran paralon bisa Anda perhatikan sehingga desain jemuran yang Anda inginkan dapat diwujudkan.

Salah satu model yang bisa Anda terapkan adalah model jemuran bertingkat seperti di gambar. Anda bisa menggantung handuk keluarga Anda secara bertingkat.

 

Penutup

Itulah artikel kami tentang desain jemuran di halaman rumah. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.